Pasar merupakan sasaran untuk keberhasilan
perusahaan dalam mencapai tujuannya dibidang pemasaran. Dalam mengukur
keberhasilannya tersebut, perusahaan perlu mengetahui posisinya dipasar dengan
melihat besarnya bagian keseluruhan pasar yang dikuasai oleh perusahaan.
Disamping itu perlu mengetahui segmen pasar produknya karena sangat penting
dalam menentukan target pasar. Dengan memperhatikan bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda
maka dilakukan segmentasi pasar.
Segmentasi pasar adalah suatu cara untuk membedakan pasar menurut
kelompok pembeli, kebutuhan pembeli, motif pembelian, tujuan pembelian,
kebiasaan pembelian, cara penggunaan produk.
Dalam hal ini perusahaan membagi pasarnya kedalam
segmen-segmen pasar tertentu yang bersifat homogen. Dari segmen pasar yang
telah ditentukan tersebut dapat dipilih yang potensial untuk dijadikan target
pasar, sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang akan dijalankan
agar tujuan pemasaran tercapai. Jadi segmentasi pasar merupakan strategi
pemasaran yang dilakukan untuk membagi suatu pasar kedalam bagian-bagian/segmen
pasar sebagai dasar untuk membina segmentasi pasar tertentu guna dijadikan
target pasar yang akan dilayani.
Diantara segmen pasar yang ada terdapat segmen yang
menarik, yaitu segmen pasar yang belum terlayani, atau sudah terlayani tetapi
kurang baik. Segmen pasar tersebut akan dinilai dan dipertimbangkan untuk
dipilih menjadi target pasar yang dituju dengan memperhatikan sifat-sifat segmen pasar tersebut, yaitu potensial untuk berkembang
lebih lanjut masih membutuhkan sesuatu yang dapat dilayani/dipenuhi oleh
perusahaan, cukup besar, tidak dikuasai oleh pesaing yang ada. Agar bermanfaat
secara maksimal, maka segmen-segmen tersebut harus memenuhi 5 (lima) kriteria,
yakni :
a.
Dapat
diukur , yakni daya beli, profil segmen, luas atau
besarnya.
b.
Besar/luas,
Cakupan segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.
c.
Dapat
dijangkau, Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani
secara efektif.
d.
Dapat
dibedakan, Segmen pasar dapat dibedakan secara konseptual dan
dapat memberikan respon yang berbeda terhadap program-program bauran pemasaran.
e.
Dapat
diambil, Tindakan/dilaksanakan Program-program yang efektif
dapat dirumuskan untuk melayani dan menarik segmen pasar tersebut.
Penentuan strategi
pemasaran harus didasarkan atas analisa lingkungan dan internal perusahaan. Masing-masing faktor lingkungan dapat
menimbulkan adanya kesempatan atau ancaman bagi pemasaran produk suatu
perusahaan, terdiri atas: keadaan pasar, persaingan, teknologi, ekonomi, sosial
budaya, hukum dan peraturan. Sedangkan faktor-faktor internal perusahaan
menunjukkan adanya keunggulan atau kelemahan perusahaan, meliputi keuangan,
produksi, personalia, dan khususnya bidang pemasaran yang terdiri dari produk,
harga, distribusi, promosi, dan pelayanan.
No comments:
Post a Comment