Wednesday 22 May 2013

Strategi Pemilihan Pasar


Pasar merupakan sasaran untuk keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya dibidang pemasaran. Dalam mengukur keberhasilannya tersebut, perusahaan perlu mengetahui posisinya dipasar dengan melihat besarnya bagian keseluruhan pasar yang dikuasai oleh perusahaan. Disamping itu perlu mengetahui segmen pasar produknya karena sangat penting dalam menentukan target pasar. Dengan memperhatikan bahwa setiap pasar itu  terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda maka dilakukan segmentasi pasar.   Segmentasi pasar adalah suatu cara untuk membedakan pasar menurut kelompok pembeli, kebutuhan pembeli, motif pembelian, tujuan pembelian, kebiasaan pembelian, cara penggunaan produk.
Dalam hal ini perusahaan membagi pasarnya kedalam segmen-segmen pasar tertentu yang bersifat homogen. Dari segmen pasar yang telah ditentukan tersebut dapat dipilih yang potensial untuk dijadikan target pasar, sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang akan dijalankan agar tujuan pemasaran tercapai. Jadi segmentasi pasar merupakan strategi pemasaran yang dilakukan untuk membagi suatu pasar kedalam bagian-bagian/segmen pasar sebagai dasar untuk membina segmentasi pasar tertentu guna dijadikan target pasar yang akan dilayani.
Diantara segmen pasar yang ada terdapat segmen yang menarik, yaitu segmen pasar yang belum terlayani, atau sudah terlayani tetapi kurang baik. Segmen pasar tersebut akan dinilai dan dipertimbangkan untuk dipilih menjadi target pasar yang dituju dengan memperhatikan sifat-sifat  segmen pasar tersebut, yaitu potensial untuk berkembang lebih lanjut masih membutuhkan sesuatu yang dapat dilayani/dipenuhi oleh perusahaan, cukup besar, tidak dikuasai oleh pesaing yang ada. Agar bermanfaat secara maksimal, maka segmen-segmen tersebut harus memenuhi 5 (lima) kriteria, yakni :
a.    Dapat diukur , yakni daya beli, profil segmen, luas atau besarnya.
b.    Besar/luas, Cakupan segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. 
c.    Dapat dijangkau, Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
d.   Dapat dibedakan, Segmen pasar dapat dibedakan secara konseptual dan dapat memberikan respon yang berbeda terhadap program-program bauran pemasaran.
e.    Dapat diambil, Tindakan/dilaksanakan Program-program yang efektif dapat dirumuskan untuk melayani dan menarik segmen pasar tersebut.
Penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas analisa lingkungan dan internal perusahaan. Masing-masing faktor lingkungan dapat menimbulkan adanya kesempatan atau ancaman bagi pemasaran produk suatu perusahaan, terdiri atas: keadaan pasar, persaingan, teknologi, ekonomi, sosial budaya, hukum dan peraturan. Sedangkan faktor-faktor internal perusahaan menunjukkan adanya keunggulan atau kelemahan perusahaan, meliputi keuangan, produksi, personalia, dan khususnya bidang pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi, dan pelayanan.

No comments:

Post a Comment