Wednesday 22 May 2013

Diagram Sebab-Akibat


Diagram sebab-akibat (atau sering disebut juga diagram fishbone/tulang ikan/ishikawa) adalah teknik pemecahan masalah yang membantu kita berpikir melalui banyak kemungkinan sebab-sebab dari suatu masalah yang ingin diselesaikan.
Diagram sebab akibat ini digambarkan seperti diagram tulang ikan dimana ”Kepala Ikan” menjadi masalah yang akan dipecahkan. Sedangkan faktor dari sebab yang muncul (atau sering disebut juga akar masalah) digambarkan sebagai tulang ikan yang mempunyai cabang-cabang dari bagian yang besar ke bagian yang lebih kecil. Untuk memudahkan, Ishikawa, pencetus diagram sebab-akibat ini, menggolongkan bagian faktor Sebab dari suatu masalah  ke dalam beberapa kelompok sebab yaitu:
-       Untuk industri barang atau produk:
a.    Material
b.    Manusia
c.    Metode
d.   Mesin/peralatan 
-       Sedangkan untuk industri jasa:
a.    Equipment
b.    Procedures
c.    Policies
d.   People
Berikut adalah gambar dari diagram sebab-akibat.


 
Tahapan penyusunan diagram sebab-akibat adalah sebagai berikut:

1.    Tuliskan masalahnya ditengah kertas paling kiri atau kanan sebagai kepala ikan. Kemudian tarik garis lurus sebagai tulang ikan utamanya.
2.    Susun dahan atau tulang-tulang utamanya sebagai kelompok faktor-faktor utama penyebab masalah itu.
3.    Susun ranting atau tulang-tulang yang lebih kecil yang berpengarluh terhadap dahan / tulang yang utama. Begitu seterusnya dapat dibuat subranting yang berpengaruh ke ranting/tulang yang lebih besar.
4.    Dari faktor-faktor sebab yang ada di ranting/tulang yang terkecil tersebut akan menjadi identifikasi akar masalahnya. Tulislah semua akar masalah tersebut dalam sebuah daftar dan tentukan mana yang perlu diatasi segera dan buat usulan program untuk menangani tiap-tiap penyebab tersebut.

No comments:

Post a Comment