Wednesday 22 May 2013

Matriks Space


Matriks SPACE (Strategic Position an Action Evaluation) digunakan untuk memetakan kondisi suatu organisasi dengan menggunakan suatu model yang dipresentasikan dengan menggunakan diagram cartesius yang terdiri dari 4 (empat) kuadran dengan skala ukuran yang sama. Keempat kuadran ini menunjukan apakah hasil analisis akan mengindikasikan pemakaian startegi aggressive, conservative, defensive, dan competitive bagi suatu organisasi dengan memperhatikan 4 kategori yaitu Financial Strength (kekuatan finansial), Competitive Advantage (keunggulan kompetitif), Environmental Stability (stabilitas lingkungan), dan Industrial Strength (kekuatan industri). (David, 2010)
Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengembangkan Matriks SPACE adalah sebagai berikut :
1.      Pilih serangkaian variabel untuk menentukan kekuatan finansial (FS), keunggulan kompetitif (CA), stabilitas lingkungan (ES), dan kekuatan industri (IS).
2.      Nilai variabel-variabel tersebut menggunakanskala 1 (paling buruk) sampai 6 (paling baik) untuk FS dan IS. Nilai variabel-variabel tersebut menggunakan skala -6 (paling buruk) sampai -1 (paling baik) untuk ES dan CA.
3.      Hitunglah rata-rata dari FS, CA, IS, dan ES dengan menjumlahkan nilai yang Anda berikan pada variabel dari setiap dimensi dan kemudian membaginya dengan jumlah variabel dalam dimensi yang bersangkutan.
4.      Petakan nilai rata-rata untuk FS, IS, ES, dan CA pada sumbu yang sesuai dalam Matriks SPACE.
5.      Jumlahkan nilai rata-rata pada sumbu x (CA, IS) dan petakan hasilnya pada sumbu X. Jumlahkan nilai rata-rata pada sumbu y (FS, ES) dan petakan hasilnya pada sumbu Y. Petakan perpotongan kedua titik X dan Y (xy yang baru) tersebut.
6.      Gambarkan arah vektor (directional vector) dari koordinat 0,0 melalui titik perpotongan yang baru. Arah panah menunjukkan jenis strategi yang disarankan bagi organisasi : agresif, kompetitif, defensif, atau konservatif.


No comments:

Post a Comment