Kotler
(2008) strategi pemasaran adalah logika dimana perusahaan berharap untuk
menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan. Perusahaan
memutuskan pelanggan mana yang akan dilayaninya (segmentasi dan penetapan
target) dan bagaimana perusahaaan melayaninya (Positionning). Tjiptono (2008)
menjelaskan bahwa manajemen pada setiap fungsinya memberikan kontribusi
tertentu pada penyusunan strategi di level yang berbeda. Pemasaran merupakan
kontak paling besar dengan lingkungan eksternal.
Segmentation
Segmentasi
pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda kebutuhan, karakteristik,
atau perilaku yang berbeda dan yang mungkin memerlukan produk atau program
pemasaran yang terpisah. Setiap pasar memiliki segmen, tetapi tidak semua cara
segmentasi pasar memiliki manfaat yang sama. Segmen pasar meliputi konsumen
yang merespon dalam cara yang sama terhadap sejumlah usaha pemasaran tertentu
(Kotler,2008)
Targeting
Targeting
atau penetapan target pasar adalah proses mengevaluasi daya tarik masing-masing
segmen pasar dan memilih satu atau lebih jumlah segmen dimana perusahaan dapat
menghasilkan nilai pelanggan terbesar dan mempertahankannya sepanjang waktu
(Kotler,2008)
Positioning
Positioning adalah
pengaturan produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan
realtif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran. Pemasar
merencanakan posisi yang membedakan produk dari merek pesaing dan memberi
manfaat terbatas dalam target pasar. Selain itu, positioning merupakan penetapan posisi tindakan tawaran dan citra
perusahaan menepati posisi yang khas dalam benak pelanggan (kotler, 2008).
Ada beberapa pengertian tentang strategi
pemasaran, yaitu:
· Rencana
yang terpadu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang
akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.
·
Dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan
pemasaran suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu
berubah, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
·
Alat fundamental
yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan
keunggulan bersaing melalui pasar sasaran dan program pemasaran untuk mencapai
tujuan tersebut.
Dengan perkataan lain,
strategi pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang
mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan
program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Untuk berhasilnya strategi
pemasaran yang dijalankan, dibutuhkan 2 (dua) hal yang sangat penting dan
saling berkaitan, yaitu
1.
Target pasar yang dituju
2.
Bauran pemasaran yang dijalankan untuk mencapai
target pasar tersebut.
Strategi
pemasaran tidak terlepas dari strategi perusahaan secara keseluruhan. Strategi
perusahaan adalah suatu rencana induk yang merinci pokok-pokok arah usaha
perusahaan dalam mencapai tujuan dan uraian mengenai cara penggunaan sumber
daya untuk memanfaatkan kesempatan dan mengatasi ancaman masa kini maupun masa
datang. Perumusan strategi perusahaan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Titik tolak penyusunannya melihat
perusahaan secara keseluruhan.
b.
Mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan.
c.
Dilakukan secara realistis dan relevan
dengan lingkungan yang dihadapi.
No comments:
Post a Comment